Pengertian Tanah dan Lahan

Pengertian Tanah dan Lahan – Adalah Pernahkah kamu berkunjung ke perdesaan atau perkotaan? Ketika menyusuri daerah perdesaan terlihat pemandangan alam berupa areal pertanian yang luas, pemukiman penduduk yang jarang, dan jalan kecil yang sederhana. Namun, ketika kamu mengunjungi daerah perkotaan akan terlihat gedung-gedung bertingkat, permukiman yang padat, pusat pemerintahan, dan pusatpusat perdagangan.

Pada dasarnya terdapat perbedaan pola peng gunaan lahan di perdesaan dengan perkotaan. Apakah faktor pendorong adanya perbedaan penggunaan lahan tersebut?

Dalam kehidupan sehari-hari manusia di muka bumi tidak akan pernah lepas dari keterikatannya dengan lahan. Lahan berperan sebagai tempat berlangsungnya segala aktivitas kehidupan manusia. Tanpa adanya lahan akan menghambat setiap gerak kehidupan manusia yang memiliki ketergantungan terhadap alam.

Lahan dan tanah memiliki perbedaan. Namun, sepintas lalu terkadang orang memberikan pengertian yang sama mengenai pengertian lahan dan tanah yang ada di muka bumi. Apakah terlontar dalam benakmu pertanyaan mengenai perbedaan tanah dan lahan?

Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik yang menjadi habitat hidup berbagai mikroorganisme. Tanah berperan besar sebagai tempat aktivitas penduduk di lingkungan sekitar. Jika dipandang secara lebih mendalam dari segi klimatologi, tanah memegang peranan penting sebagai penyimpan cadangan air (reservoir) dan menekan laju terjadinya erosi, meskipun tanah sendiri juga dapat tererosi.

Lahan menurut Arsyad (1989), adalah lingkungan fisik yang terdiri atas iklim, relief, tanah, air, vegetasi, serta benda-benda yang ada di atasnya sepanjang ada pengaruhnya terhadap penggunaan lahan. Termasuk juga hasil kegiatan manusia pada masa lalu dan masa sekarang.Berdasarkan definisi tersebut, tanah tercipta dari hasil interaksi yang terjadi antara iklim, kegiatan oganisme, bahan induk, dan relief seiring dari berjalannya waktu.

Pengertian Tanah dan Lahan


Sekian mengenai Pengertian Tanah dan Lahan, semoga dengan materi diatas kalian dapat memahami semua ilmu yang ada.


0 Response to "Pengertian Tanah dan Lahan"

Post a Comment