Dampak Negatif dan Positif Kerjasama Ekonomi Internasional Bagi indonesia

Dampak Negatif dan Positif Kerjasama Ekonomi Internasional Bagi indonesia - Melakukan kegiatan ekonomi antarnegara harus sudah diperhitungkan segala dampaknya, dan yang paling utama adalah membawa bangsa terus membangun kearah yang lebih maju dan rakyat lebih sejahtera. Semakin beragamnya barang dan jasa yang diperdagangkan dan media penyampaian barang dan jasa yang digunakan, baik dalam kawasan regional, nasional maupun internasional dan dengan semakin bebasnya perdagangan, semakin liberalnya perdagangan, dan semakin globalnya percaturan ekonomi dunia, makamau tidakmau Indonesia harus ikut bergabung dalamperdagangan bebas tersebut. Apalagi mengingat negeri ini merupakan salah satu negara anggota penting ASEAN.

Lewat ASEAN inilah bobot negeri ini di mata internasional akan diperhitungkan dan keikutsertaan Indonesia tersebut membawa dampak yang positif bagi peran Indonesia di dunia Internasional, dengan perkembangan global (menyeluruh ke segala bidang ), Indonesia mau tidak mau harus ikut arus perkembangan global tersebut antara lain dalam perdagangan bebas.

Sedikitnya ada 6 bentuk perdagangan besar (free trade) yakni European FreeTrade Area (EFTA), European Economic Community (EEC), North American FreeTradeArea (NAFTA), Australian New Zealan Clour Economic Relation (ANCER),Asia Pacific Economic Coorporation (APEC) dan Asean Free Trade Area (AFTA).

Indonesia sebentar lagi akan memasuki era perdagangan bebas dengan anggotaAFTA, Indonesia harus siap mensukseskan adanya pedagangan bebas, dengan kesiapan tersebut Indonesai harus mampu seminimal mungkin mengalami dampak negative dalam kerjasama ekonomi antarnegara.



Dampak Kerjasama Ekonomi Internasional Bagi Indonesia


Pemerintahan terus berusaha keras untuk memperbaiki perekonomian Indonesia, denganmembuat berbagaimacamkebijakan, seperti penetapan nilai perbandingan rupiah dengan mata uang asing. Nilai rupiah pada masa sebelumreformasi selalu mendapat subsidi dan sejak regformasi segala bentuk subsidi mulai dikuranggi, termasuk untuk rupiah. Sumber Krisis dimulai ekonomi dikawasana Asia Tenggara dimulai dari Thailand, dan kini Thailand sudah selesai bahkan sudah bangkit perekonomiannya.

Hantaman krisis ekonomi pada tahun 1998, diawali dengan perombakan kebijakan moneter, terutama adanya perubahan nilai rupiah, dengan adanya pengurangan subsidi terhadap rupiah, maka nilai rupiah pada saat itu merosot sangat tajamsampai Rp. 15.000,-/US $ dari Rp. 2.500/US$, sehingga harga barang-barangpun ikut melambung tinggi, inflasipun tak terhindarkan.

Dampak Negatif dan Positif Kerjasama Ekonomi Internasional Bagi indonesia



Dalam kerjasama ekonomi antar negara, negara-negara maju lebih diuntungkan karena keunggulan yang dimilikinya dari sumber daya manusia dan teknologi yang terus dikembangkan, sehingga negara berkembang dan negara miskin menjadi tergantung pada negara maju.


Apapun yang dilkukan dalam kerjasama ekonomi antarnegara akan membawa dampak kehidupan bagi negara tersebut baik dampak yang bersifta positifmaupun negatif.


Dampak Negatif Kerjasama Ekonomi Internasional Bagi indonesia

Kalau kita perhatikan hampir semua organisasi internasional dan negaranegara donatur keanggotaannya dikuasai olehAmerika Serikat, Perancis, Belanda, Jerman dan Ingris. Sasaran yang paling banyak membutuhkan bantuan adalah negara-negara berkembang dan miskin, termasuk negara Indonesia, sehingga ketergantungan terhadap negara donatur sangat kuat. Kebijakan-kebijakan pemerintah terkadang dipengaruhi hal tersebut. Sampai dengan akhir tahun 2003 Indonesia masih tawar menawar dengan IMF untuk melaksanakan nota kesepahaman ( Letter of Intent) dalam rangka pencairan dana, sehingga seolaholah kedaulatan ekonomi Indonesia sudah berada ditangan IMF, berbagai kebijakan ekonomi Indonesia harus mendapat persetujuan dari IMF.

Bantuan-bantuan IMF yang sekarang ini adalah hasil kesepakan dari tahun 2000, Pada tahun 2003 IMF mensyaratkan adanya revisiAPBN Indonesia, karena adanya perubahan harga minyak. Dan mulai awal 2004, Indonesia menghentikan kerjasamanya dengan IMF, sebagai ganti IMF Indonesia mengembangkan kerjasama dengan CGI. Dalam melakukan kerjasama CGI menetapkan syarat dalam hal pencairan dana pemerintah Indonesia harus mengembangkanCleanGovernment, pemerintahan yang bersih dari segala bentuk pelanggaran terutama korupsi dan KKN.

Adapun dampak negatif yang ditimbulkan antara lain :
a. Menjadi tergantung pada negara yang lebih maju
b. Negara berkembang sering tertekan oleh negara maju



Dampak Positif Kerjasama Ekonomi Internasional Bagi indonesia

Kerjasama ekonomi antarnegara dapat juga membawa dampak positif antara lain:
a. memacu pertumbuhan ekonomi dalam negeri
b. adanya alih teknologi dari negara maju
c. memacu peningkatan SDM, untuk bersaing dalam era globalisasi
d. memberi kemudahan dalam mencari pinjman modal atau bantuan
e. memberi kesempatan untuk memsarkan hasil produksi barang kenegara lain.


Bantuan pinjaman uang, barang modal dan tenaga ahli sangat terasa pada waktu Indonesiamengalami krisi ekonomi danmoneter tahun 1998, sampai dengan saat ini. Dampak positf ini dapat dilihat dari beberapa hal, antara lain :
a. Stabilnya nilai rupiah
APBNmenetapkanrupiahUS$ 1 = Rp. 9.000,-, walupun sering terjadi pergeseran naik turunnya rupiah, namun tidak begitu tinggi.
b. Tingkat inflasi bisa ditekan, Th 1998 inflasimencapai 78%, tahun 1999 25 dan tahun 2004 rata-rata 5,06%, inflasi menyebabkan harga barang mahal, inflasi semakain rendah harga barangpun rendah, hal disebabkan karena stabilnya nilai rupiah.
c. Tahun 1998 pertumbuhan ekonomi mengalami minus, tahun 2004 mencapai 5%.
d. Mulaimeningkatnya permintaanmasyarakat terhadap barang dan jasa.
e. Mencairnya embargo militer Amrika Serikat terhadap Indonesia
f. Berkembangnya nilai-nilai demokrasi
Harapan kita dengan keberhasilan pemilihan Presiden dan Legislatif secara langsung diharapkan kestabilan politik, pertumbuhan ekonomi, dan hukumakan menjadi lebih baik. Dunia Internasional dan regional melihat ini sebagai suatu keberhasilan tersendiri pemerintah Indonesia. Banyak negara-negara maju dan organisasi Internasional akanmembantu perkembangan perekonmian Indonesia.


Sekian mengenai Dampak Negatif dan Positif Kerjasama Ekonomi Internasional Bagi indonesia, semoga ini dapat bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Dampak Negatif dan Positif Kerjasama Ekonomi Internasional Bagi indonesia"

Post a Comment